Bank Soal Askeb 5 Komunitas

Pilihlah jawaban yang anda anggap benar dan berilah tanda X
Soal

1. Di dalam pengorganisasian praktik asuhan kebidanan, bidan memiliki tugas mandiri, tugas kolaborasi dan mengorganisasikan tindakan rujukan. Yang termasuk tugas mandiri adalah...
a. menerapkan manajement kebidanan pada askeb pelayanan pada anak dan wanita pranikah
b. memberikan askeb pada klien selama kehamilan normal
c. memberikan askeb kepada klien pada masa persalinan
d. memberikan askeb pada bayi baru lahir melibatkan klien
 
2. Pasien ny.A dalam hasil pemeriksaan ditemukan resiko tinggi yaitu preeklamsi berat. Sebagai bidan anda melaksanakan .... 
a. tugas mandiri
b. tugas kolaborasi
c. tugas ketergantungan atau merujuk
d. betul semua
 
3. memberikan asuha kebidanan pada ibu dalam masa nifas dengan resiko tinggi dan pertolongan pertama dalam keadaan kegawat daruratan yang memerlukan tindakan
a. tugas mandiri bagi bidan dengan melibatkan klien
b. tugas kolaborasi dengan klien dan keluarga
c. tugas rujukan
d. semua salah
 
4. produk pelayanan kebidanan yang ditawarkan dalam propesi bidan adalah
a. jasa pelayanan kesehatan
b. jasa pelayanan kesehatan kususnya bagi prempuan-prempuan dan anaknya (bayi yang baru lahir)
c. pelayanan keluarga berencana
d. betul semua
 
5. desain jasa pelayan BPS yang akan ditawarkan perlu ditentukan untuk menentukan fokus pada persiapan
a. persiapan sumber daya, meletakkan konsumen secara tepat, memudahkan perkembangan jasa
b. persiapan tempat
c. persiapan peralatan
d. persiapan kepribadian bidan
 
6. pelayan kebidanan sangat erat hubungannya dngan wewenang propesi bidan (kepmenkes RI) No.900/SK/VII/2002), mencakup
a. pelayanan kebidanan, pelayanan keluarga berencana, pelayanan kesehatan masyarakat
b. pelayanan ibu bersalain dan nifas
c. pelayanan balita dan praremaja
d. pelayanan premonopouse dan monopouse
 
7. menurut Schinke dan Orlando (1991) mengemukakan bahwa inovasi itu selalu menghasilkan perubahan 5 tahap
a. mobilisasi, adopsi, implementasi, anjangsana, menerima perubahan
b. pemeliharaan, evolusi, propaganda, iklan, anjangsana
c. mobilisasi, adopsi, implementasi, pemeliharaan dan evolusi
d. salah semua
 
8. pemasaran sosial dan publikasi kesehatan, komunikasi kesehatan dapat dilalui berbagai kegiatan
a. kampanye, propaganda, iklan, anjangsana, dan lain-lain
b. menerima perubahan, berrfikir lebih maju
c. memutuskan prilaku tertentu
d. menerima pesan dari pembentukan prilaku
 
9. pemasaran sosial dan advokasi media. Advokasi media meliputi:
a. kesepahaman dan kerja sama dengan media
b. kerja sama
c. pengabdosian
d. kesepahaman dan kerja sama dengan media untuk membangkitkan perhatian publik terhadap isu atau prilaku yang akan diabdosikan
 
10. pemasaran sosial berfungsi mempengaruhi
a. prilaku audiens dan advokasi media bermanfaat mengirim informasi secara berulang
b. merubah prilaku pribadi dan kelompok
c. membiasakan hidup sehat
d. mengadopsi prilaku orang lain
 
11. pemasaran sosial memiliki konsep pemasaran yaitu
a. kebutuhan, keingina dan permintaan
b. produk dan transaksi
c. pertukan dan pasar
d. betul semua
 
12. penerapan teknik pemasaran niaga untuk mencapai tujuan sosial yang bermanfaat (HIV dan AIDS prevention project (HAPP), 1999) adalah
a. pengertian pemasaran
b. pengertian pemasaran sosial
c. konsep pemasaran
d. proses pemasaran
 
13. teknik pemasaran sosial kualifikasi prosuk sebagai berikut
a. ide baru, kreatif, kemampuan, dampak sosial, karakter etis.
b. Produk, transaksi, pertukaran dan pasar
c. Kebutuhan, keinginan, prmintaan
d. Kreatif dan kemampuan
 
14. memberikan pelayan bermutu yang dibutuhkan masyarakat, memberikan pelayanan sesuai pelayanan standar praktik, keterampilan yang mantap (dalam memberikan pelayanan kepada klien adalah merupakan
a. tujuan pemasaran
b. proses pemasaran
c. tujuan pemasaran sosial
d. salah semua
 
15. tujuan pemasaran sosial adalah
a. menurunkan sensitivitas klien pada tarif
b. rekomendasi gratis dari mulut ke mulut, menghemat biaya pemasaran
c. penurun biaya melayani klien yang sudah mengenal baik sistim pelayanan dan peningkatan pendapatan
d. benar semua
 
16. strategi pemasaran dari sudut pandang penjual
a. tempat yang stategis, produk yang bermutu
b. harga yang kompetitif, kenyamanan
c. komunikasi, biya pembeli 
d. harga yang kompetitif, promosi yang gencar, produk yang bermutu dan tempat yang strategis
 
17. dari sudut pandang pembeli, stategi pemasaran adalah
a. kebutuhan dan keinginan pelanggan
b. biaya pembeli, kenyamanan
c. komunikasi
d. benar semua
 
18. pemasaran pelayanan kebidanan, konsep pelayanan modren terdiri dari 3 tingkat,yaitu
a. mengetahuai keinginan calon pembeli, melakukan kegiatan pemasaran terpadu, memperoleh laba dan konsumen puas
b. kenyamanan, biaya pembeli dan komunikasi
c. produk yang bermutu, haraga yang kompeitif dan promosi yang gencar
d. mempromosikan jasa, menetapkan tarif dan membina hubungan
 
19. macam-macam proses perubahan. Perubahan ditinjau dari sifatnya menurut Samson 1971 perubahan spontan adalah
a. perubahan sebagai respon secara alami
b. perubahan tidak diprediksi selamanya
c. perubahan direncanakan
d. jawaban A dan B benar
 
20. faktor yang mempengaruhi perubahan, faktor pendukung
a. melibatkan tokoh yang berpengaruh
b. komunikasi terbuka antara target dan inovator
c. perubahan dilakukan pada hal kecil terlebih dahulu
d. betul semua
 
21. penambahan, penggantian, pembangunan kembali, menghilangkan pola prilaku lama dan memperkuat pola prilaku baru adalah merupakan
a. tingkat perubahan
b. dampak perubahan
c. bentuk perubahan
d. strategi perubahan
 
22. dampak perubahan dapat terjadi pada
a. individu, organisasi, geopolitik
b. prilaku, penampilan
c. penambahan
d. penggantian
 
23. suatu usaha untuk meningkatkan kemampuan teknis, hubungan antara manusia dan moral bidan sesuai kebutuhan pekerjaan/ pelayanan dan standar yang telah ditentukan oleh konsil melalui pendidikan formal dan non-formal adalah
a. pengertian pendidikan berkelanjutan
b. konsep kebidanan
c. pola pengembangan
d. karir fungsional
 
24. pola pngembangan karir bidan meliputi
a. karir bidan
b. karir fungsional dan karir struktural
c. karir funsional
d. karir struktural
 
25. peran dan fungsi bidan
a. sebagai pelaksana dan pengelola
b. sebagai pengelola dan pendidik
c. sebagai peneliti
d. benar semua